CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 21 Januari 2014

Menggunakan Menu yang Ada di Microsoft Excel



1 Menu File
Menu file merupakan menu yang berisi perintah perintah untuk mengolah buku kerja (workbook) Microsoft excel. Perintah perintah yang terdapat pada menu file di antaranya untuk membuat dokumen atau lembar kerja baru dengan perintah new, membuka dokumen dengan perintah open, menutup dokumen atau lembar kerja dengan perintah close. Untuk melakukan penyimpana dokumen dapat dilakukan dengan perintah save atau save as. Pengaturan halaman pada Microsoft excel dapat dilakukan dengan perintah page setup, mengatur dan mencetak dokumen print, menutup Microsoft excel dengan perintah exit, dan perintah lainnya.


2. Menu Edit
Menu edit merupakan menu yag digunakan untuk melakukan beberapa perubahan pada dokumen atau lembar kerja yang sedang akif. Perintah yang terdapat pada menu edit di antaranya, yaitu pembatalan perintah terakhir yang telah dilakukan dengan menggunakan perintah undo atau dengan menekan tombol Ctrl + z. pada keyboard. Jika pada saat menggunakan undo terdapat kesalahan maka dapat dikembalikan dengan pengulanagan perintah terkhir melalui perintah repeat atau dengan menekan tombol ctrl + Y pada keyboard.
Pada menu ini juga terdapat perintah ntuk melakukan pemotongan data dengan menggunakan perintah cut. Untuk melakukan penyalinan data dapat dilakukan dengan perintah copy dan untuk memindahkan hasil penyalinan data dapat dilakukan dengan perintah copy dan untuk memindahkan hasil penyalinan dapat dilakukan dengan perintah paste. Apabila terdapat kesalahan pada data dapat dihapus dengan menggunakan perintah delete. Untuk melakukan penyalinan sheet pada lembar kerja digunakan perintah more or copy sheet, sedangkan untuk menghapus sheet pada lemmbar kerja menggunakan perintah delete sheet. Selain itu, terdapat juga beberapa perintah lain yang sama pentingnya dengan perintah sebelumnya.
3. Menu View
Menu view merupakan menu yang berisi perintah perintah yang berhubungan dengan pengaturanlingkungan dan lembar kerja pada Microsoft excel. Perintah perintah yang terdapat pada menu view diantaranya, yaitu pengaturan tampilan lembar kerja, task pane, tollbar, formula bar dan status bar, pembuatan header dan footer, pengaturan ukuran tampilan lembar kerja, dan pengaturan lainnya.
4. Menu Insert
Menu insert merupakan suatu menu yang berisi perintah perintah yang diperlukan untuk melakukan penyisipan pada lembar kerja micerosoft excel, baik berasal dari dalam maupun dari luar lingkungan Microsoft excel. Perintah perintah yang terdapat pada menu insert di antaranya digunakan untuk menyisipkan atau7 menambah sel, baris, kolom, lembar kerja (worksheet), grafik, dan symbol. Selain itu, itu juga dapat dilakukan penyisipan rumus yang digunakan untuk melakukan berbagai macam perhitungan secara otomatis menggunakan perintah eunction. Jika pada lembar kerja diperlukan penyisipan gambar maka dapat dilakukan menggunakan perintah picture. Pada menu insert juga dapat dilakukan penyisipan hyperlink, dimana dengan perintah tersebut maka pada lembar kerja akan terdapat link atau sshortcut yang dapat membuka atau mengakses data, informasi, lembar kerja, maupun file lain yang tersimpan pada suatu media penyimpanan data yang terdapat pada suatu computer maupun computer lain.
5. Menu Format Menu format merupakan suatu menu yang berisi kumpulan perintah yang digunakan untuk menagatur format dasar dari lembar kerja. Perintah perintah yang digunakan untuk mengatur ukuran dan jenis huruf, pada menu angka, warna, garis pembatas sel, baris, kolom, dan pengaturan format angka, warna, garispembatas sel, baris, kolom, dan pengaturan lainnya.






6. Menu Tools
Menu tools berisi perntah perintah yang digunakan untuk melakukan pengecekan ejaan, pengaturan workbook agar dapat digunakan oleh pengguna computer lain dalam satu jarngan secara bersama sama, dan pengaturan setting progam Microsoft excel. Selain itu, pemakain computer juga dapat membandingkan dan menggabungkan beberapa workbook menggunakan perintah compare ad merge workbooks.
Untuk keamanan data, Microsoft excel dilengkapi dengan perintah protection, dimana perintah ini sangat berguna untuk melindungi data agar tidak dapat dilihat dari orang lain selain yang berhak. Selain itu, terdapat beberapa perintah lainnya yang sangat berguna dalam penggunaan Microsoft excel.
7. Menu Data
Menu data terdiri atas perintah perintah yang digunakan untuk pengolahan data yang terdapat pada lembar kerja. Perintah perintah pada menu ini di antarannya dapat digunakan untuk mengurutkan data mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar, menyaring data yang akan ditampilkan, menghitung nilai subtotal dan total sejumlah data pada satu kolom, membuat tabel, dan beberapa perintah lain yang berhubungan dengan pengolahan data.
8. Menu Window
Menu window digunakan untuk mengatur jendela kerja dari Microsoft excel yang sedang aktif. Pada menu ini dapat ditampilkan lembar kerja dalam workbook yang sama pada sebuah jendela baru (new window) dengan perintah new window. Untuk melakukan pengaturan letak workbook yang sedang aktif, kamu dapat menggunakan perintah arrange. Selain itu, terdapat beberapa perintah lain seperti perintah hide yang digunakan untuk menyembunyikan jendela workbook yang sedang aktif dan untuk menampilkan kembali dapat menggunakan perintah unhide.
9. Menu Help
Menu help merupakan menu yang digunakan sebagai menu bantuan untuk mencari informasi yang diperlukan pada saat bekerja dengan Microsoft excel. Selain itu, terdapat perintah yang dapat digunakan untuk mendeteksi dan mengarahkan pointer ke fungsi yang ingin diketahui. Menu help dapat dilihat pada gambar di samping. memperbaiki kesalahan yang terjadi pada Microsoft excel, gunakan perintah Microsoft excel help atau dengan menggunakan tombol F1 pada keyboard. Biasannya, setelah memilih perintah Microsoft excel help akan ditampilkan office assistant yang berupa animasi kartun yang akan memandu dalam mencari informasi. Selain itu, untuk memudahkan pennguna computer dalam memahami fungsi fungsi pada Microsoft excel dapat digunakan perintah wha’s this?
Ikon pada Microsoft Excel
Pada Microsoft excel terdapat ikon ikon pada lembar toolbar yang dapat memudahkan pengguna computer dalam bekerja. Ikon ikon diwakili dengan symbol atau gambar yang merupakan dari suatu perintah. Sebagai contoh, ikon print digambarkan dengan gambar printer. Ikon print digambarkan dengan gambar printer. Ikon ikon pada Microsoft excel, yaitu toolbar standard dan toolbar formatting yang terletak di bawah menu bar.
Toolbar standard terdiri atas ikon ikon yang digunakan untuk membuka dokumen baru, membuka dokumen yang pernah dibuat sebelumnya, menyimpan dokumen, mencetak dokumen dan perintah lainnya. Dengan kata lain, ikon ikon pada toolbar ini terdiri atas fungsi fungsi dasar dari Microsoft excel.
Toolbar formatting terdiri atas ikon ikon yang berfungsi untuk menjalankan perintah perintah untuk mengatur format dasar dari dokumen atau lembar kerja. Perintah perintah tersebut di antarannya, yaitu untuk pengaturan huruf (font), menentukan perataan teks, pengaturan garis, dan pengaturan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar